Sejarah Perkembangan Perangkat Keras Komputer
Sejarah perkembangan perangkat keras komputer berawal dari penggunaan alat mekanik memakai tangan mulai digunakan tahun 1623.
Arsitektur perangkat keras computer tradisional terdiri dari empat komponen utamanya yaitu:”prosesor”, “memori penyimpanan” , “masukan (input)”, dan “keluaran (out put)”.
Model tradisional ersebut sering dikenal dengan nama arsitektur von-Neumann.Pada saat awal computer berukuran sangat besar sehingga komponen-komponennya dapat memenuhi sebuah ruangan yang sangat besar, Sang pengguna menjadi programer yang sekaligus merangkap menjadi operator computer juga bekerja di dalam ruang computer tersebut.
Walaupun berukuran besar,system tersebut dikatagorikan sebagai “computer pribadi”(PC). Siapa saja yang ingin melakukuan komputai,harus memesan/ antri untuk mendapatkan alokai waktu (rata-rat 30-120 menit). Jika ingin melakukan kompilasi Fortran,maka pengguna pertama kali akan meload kompilator Fortran,yang diikuti dengan “load” program dan data. Hasil yang diperoleh , biasanya berbentuk cetakan ( print-out).
Hingga akhir tahun 1980-an,system computer dengan kemampuan yang “ normal” lazim dikenal dengan istilah mainframe.Sistem computer dengan kemampuan jauh lebih rendah dan lebih murah disebut “computer mini”.Sebaliknya computer dengan kemampuan jauh lebih canggih disebut computer super.
Komputer klasik hanya memiliki satu prosesor.Keuntungan sistem ini lebih mudah diimplementasikan karena tidak erlu memperhatikan sinkronisasi antar prosesor,kemudahan control terhadap prosesor karena sistem proteksi tidak terlalu rumit,dan cenderung murah( bukan ekonomis). Yang dimaksud satu buah prosesor adalah satu buah prosesor sebagaiCentral Prosessing Unit ( CPU). Hal ini ditekankan sebab ada beberapa perangkat yang memang memiliki prosesor tersendiri di dalam perangkatnya seperti VGA Card,AGP.Optikal Mouse, dll.
Kemudian,terjadi pemisahan tugas antara programer dan operator. Para operator biasanya secara ekslusif menjadi penghuni “ ruang kaca” seberang ruang computer. Para programer yang merupakan pengguna (users),mengakses computer secara tidak langsung melalui bantuan para operator.Para pengguna mempersiapkan sebuah job yang terdiri dari program aplikasi,data masukan.serta beberapa perintah pengendali program.Medium yang lazim digunakan adalah kartu berlubang (punch card) . Setiap kartu dapat menampung informasi satu hingga 80 karakter Set kartu job lengkap tersebut kemudian diserahkan kepada para operator.
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)
Perangkat Keras:
- Pemrosesan atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM,tempat menyimpan data semantara
- Hard drive,media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan,media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS,seperti mouse,keyboard,dan tablet
- Perangkat keluaran,media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU,seperti monitor dan printer
Perangkat Lunak
Software computer adalah kumpulan daripada instruksi yang disusun secara logis dan terbentuk kode yang hanya dapat dimengerti oleh computer.
Berdasarkan sejarah perkembangannya software komputerdibagi dalam beberapa era yaitu:
1. Era Pemula (Pioneer) bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam computer,cara dalam mengakses computer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi.Penggunaan computer saat itu masih dilakukan secara langsung. Pada era ini perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.Penggunaan computer dilakukansecara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan computer berupa print out.
2. Era Stabil .Pada era stabil penggunaan computer sudah banyak digunakan ,tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademik saja,tetapi juga oleh kalangan industri/perusahaan.
Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh computer bukan lagi satu-satu,tapi sudah seperti banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking).Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time).Pada era ini mulai dikenal sistem basis data,yang memisahkan antara program dengan data .
3. Era Mikro . Pada era mikro ini perangkat lunak dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu:software sistem (windows,Linux,Machintos).Software aplikasi (Ms office,open office)dan language software/bahasa pemograman (assembler,visual basic,Delphi)
4. Era Modern
Pada era modern ini software computer tidak hanya untuk sebuah computer,tetapi sebuah handphone pun telah dilengkapi dengan sebuah software sistem seperti android,Symbian.
Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak computer ini semakin meningkat,selain permasalahan teknis software computer sekarang juga mulai bias mengenal suara dan gambar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar